8/13/10

Tips Berpuasa

"Marhaban ya ramadhan", mungkin kata - kata itu yang sering kita dengar akhir - akhir ini. Tak salah jika banyak orang yang berkata demikian untuk menyambut bulan ramadhan tahun 2010, karena bulan ramadhan adalah bulan yang penuh nikmat dan pengampunan. Tak hanya itu aja, tapi bulan ramadhan bisa jadi ladang pahala buat para umat islam, kenapa bisa begitu?mungkin sebagian dari pembaca belum tahu kalau setiap ibadah yang kita lakukan di bulan ramadhan ini akan di kali 700 kali lipat dari bulan lain. Bagaimana agar kita bisa menjaga energi kita selama puasa?berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa di coba.

1. Makan makanan bergizi saat sahur dan berbuka.

Tentu semua mengerti akan point pertama ini,kriterianya pun seperti biasanya pastikan ada kandungan minimal karbohidrat, vitamin, lemak dan juga protein, untuk mineral pasti banyak sumbernya bisa pilah dan pilih sendiri. Untuk penderita diabetes bisa menambah minuman jus,asal tak terlalu manis,atau bisa makan makan yang penuh serat,agar tenaga tetap ada dan mencukupi. Untuk yang sakit magh tak perlu kawatir akan kambuh, karena dengan berpuasa penderita sakit magh akan bisa memberikan efek positif bukan negatif,hal ini bisa di buktikan secara medis lho..

2. Tetap berolahraga ringan

jangan menganggap olahraga cuma bisa membuat capek dan kehabisan energi, karena justru klo kita olahraga ni ya badan bisa jadi seger dan gk ngantuk selama puasa,dan juga menyehatkan.

3. Hindari stres

ini yang biasanya jadi kendala saat puasa, banyak memikirkan sesuatu yang tak penting. Sekedar info aja,klo berpikir tu gunain banyak kalori,gk mau kan energi kita terbuang karena memikirkan hal - hal yang gak penting?ingat juga klo puasa tu bukan cuma nahan lapar dan haus,tapi juga hal - hal seperti berpikir jorok, memikirkan kejelekan orang lain,dll. Jadi jangan berpikir hal yang aneh.

4. Ikhlas berpuasa, bukan gengsi.

Ini hal yang paling penting, jika kita tidak ikhlas tak ada gunanya lagi kita puasa,itu cuma akan menyiksa diri kita sendiri, belajarlah ikhlas dalam berpuasa bukan karena gengsi.

Saya cuma ngasi saran berdasarkan pengalaman saya sendiri jadi mohon maaf jika ada salah kata?semoga amal ibadah kita di terima, amien,,

No comments:

Post a Comment