5/23/10

Mendatangkan Banyak Pengunjung

tips mendatangkan atau meningkatkan pengunjung ke blog adalah salah satu tips yang sudah pasaran saat ini. Namun tidak ada salahnya bukan jika saya memberikan tips yang sudah pasaran tersebut sesuai dengan bahasa dan pengalaman saya pribadi? pasti boleh donk.Hehe. tips dan trik meningkatkan pengunjung blog ini lumayan panjang karena banyak dan panjang penjelasannya, jadi siap siap aja kaya baca koran.hehe oke sekarang saya mulai penjelasannya, pada intinya untuk mendatangkan pengunjung itu ada 3 sumber yaitu serach engine, website/blog orang lain dan memori seseorang. nah oleh karena itu kita harus mengoptimalkan 3 sumber traffic ke blog kita tersebut semaksimal mungkin. Nah berikut ini ada beberapa tips yang patut anda coba agar blog anda lebih ramai dan lebih sering di kunjungi. 1. Gunakan domain dan hosting pribadi.

Kenapa harus hosting dan domain pribadi? karena dengan menggunakan domain pribadi kita bisa terlihat lebih profesional serta meningkatkan kualitas dimata search engine. maksudnya adalah dengan domain pribadi misalnya www.awangjivi.com akan lebih mudah dan cepat terindex oleh google dari pada domain gratisan seperti co.cc atau co.nr. lalu bagaimana dengan hosting pribadi? hosting pribadi maksudnya adalah hosting yang anda sewa untuk menempatkan file file blog anda, dengan hosting pribadi ini anda bisa mengatur blog sesuka hati anda salah satunya adalah mengisntall wordpress sebagai mesin blog anda, dengan wordpress ini blog anda menjadi lebih powerfull karena wordpress sangat friendly dengan search engine serta memiliki banyak plug ini yang berfungsi untuk membuat kinerja blog anda lebih mantap. selain itu anda bisa menggunakan banyak banyak pilihan theme atau tampilan, sehingga blog anda menjadi lebih indah dan membuat orang yang berkunjung ke blog anda ketagihan untuk berkunjung kembali.

2. Daftarkan blog anda ke direktori, google webmaster dan tambahkan ping server

dengan mendaftarkan blog anda ke directori, google webmaster dan tambahkan pingserver tujuannya adalah mempercepat posting anda terindex oleh search engine terutama google, karena google merupakan serach engine terbesar di dunia jadi google merupakan sumber traffic terbesar. untuk informasi tentang submitt blog ke direktori bisa di lihat di posting saya yaitu software directory submitter disana anda bisa dengan mudah submitt blog ke berbagai directory lebih cepat. kemudian untuk google webmaster anda bisa kunjungi situs google webmaster (cari saja di google alamat lengkapnya) kemudian daftar di sana dan upload sitemap.xml blog anda di google webmaster. kemudian yang tentang bagaimana menambahkan ping server bisa anda lihat di posting saya cepat terindex google dengan ping server. dengan anda terindex oleh google maka kemungkina blog anda untuk di kunjungi banyak orang lebih tinggi daripada blog yang sama sekali tidak terindex.:-)

3. Perbanyak artikel dan update berkala setiap hari

Dengan memperbanyak artikel maka keyword yang terkandung di dalam blog anda semakin banyak yang berakibat pada meningkatnya pengunjung terutama dari search engine. coba deh anda tengok blog selebritis seperti bayumukti, teknikbisnis, mereka mempunyai banyak artikel. tapi ingat jangan asal copy paste dari teman atau artikel lain karena hal tersebut menurunkan kualitas blog anda. jika artikel bagus dan banyak orang yang menyukainya maka akan banyak pengujung yang akan datang ke blog anda lagi. kemudian akan banyak blogger yang mengajak tukeran link, dsb. hal tersebut tentunya akan meningkatkan jumlah pengunjung blog anda. oh ya, lakukan update secara berkala minimal ada tambahan 1 artikel tiap hari dan konsisten. jangan sampai anda dalam 1 hari posting sampai 10 artikel tapi setelah itu anda tidak menulis artikel sampai 10 hari, hal tersebut akan mengurangi minat para pengunjung karena blog anda jarang update dan juga google jadi gak suka ama blog anda.:-) jadi lebih baik anda posting berkala, jika anda punya banyak artikel lebih baik di setting jadwal publishnya. jadi misalnya arikel A di post hari ini, artikel B di post besok dst. selain membuat google cinta terhadap blog anda yang tiap hari update juga akan meningkatkan nilai blog anda di mata pengunjung karena setiap hari update. ingat jangan copy paste lebih baik anda mancari ide atau bahan di internet kemudian tulis dengan gaya bahasa anda sendiri.

4. Buatlah artikel tentang berita yang sedang “HOT”

banyak sekali pengguna internet yang mencari hal hal yang sedang hot misalnya saat itu ada berita tentang mahasiswa ITB yang meninggal akibat ospek, dan saya mencoba untuk posting di blog ini dan hasilnya cukup memuaskan, ada 400 UV baru yang datang ke blog saya dan semuanya dari search engine. jadi buatlah berita yang sedang HOT. untuk mencari berita yang sedanh hot anda harus sering sering berkunjung ke situs berita seperti detik atau situs forum seperti kaskus.

5. Submitt artikel anda ke lintas berita atau infogue

lintas berita atau infogue merupakan situs social bookmark yang terbaik di indonesia, dengan submitt artikel anda ke sana maka kemungkinan pengunjung untuk datang ke blog anda terbuka lebar.

6. selipkan keyword yang banyak di cari pada masing masing artikel

pada saat anda menulis artikel anda lebih baik selipkan keyword yang kira-kira di cari banyak orang, misalkan anda membuat artikel tentang daftar paypal. nah di dalam artikel tersebut anda bisa masukkan dan selipkan banyak keyword seperti “cara mendaftar paypal”, “cara withdraw paypal ke bank lokal”, “Kegunaan paypal”, dan lain lain. bagaimana cara mencari keyword untuk di selipkan tersebut? caranya adalah anda bisa berfikir jika anda mencari sesuatu tentang paypal maka apa yang akan anda tulis di seacrh engine? nah jika sudah ketemu beberapa keyword maka bisa anda buat sebagai sebuat paragraf. cara ini cukup manjur untuk menarik pengunjung dari search engine.

7. Buatlah pengunjung ketagihan untuk datang ke blog anda

cara membuat pengunjung ketagihan datang lagi ke blog anda adalah dengan cara memberikan seseuatu bagi mereka seperti ebook gratis, software gratis, tips dan trik maupun peluang bisnis online.atau membuat pengunjung penasaran terhadap posting kita, jadi kita buat posting yang bersambung jadi mereka penasaran dan kembali berkunjung ke blog kita. jika para pengunjung merasa nyaman maka mereka akan kembali ke blog anda dengan senang hati. selain itu pergunakanlah theme blog wordpress yang cerah dan tulisan terbaca dengan mudah agar pengunjung tidak kesulitan membaca tulisan kita.

8. blogwalking

dengan blogwalking kita bisa menambah banyak teman dan juga link yang menuju blog kita sehingga akan banyak pengunjung datang ke blog kita seiring dengan seringnya kita blogwalking ke blog lain dan meninggalkan comment di blog tersebut. apalagi kalau anda bisa bertukar link dengan blog lain tentunya akan lebih meningkatkan traffic ke blog anda.

9. Buatlah posting yang awet di cari banyak orang

maksunya adalah artikel yang setiap hari di cari oleh banyak orang dan tidak akan lekang oleh waktu, berbeda dengan posting yang lagi “hot” yang sifatnya sebentar saja karena jika masalahnya selesai maka popularitas posting tersebut menurun. lalu bagaimana contoh posting yang awet di cari banyak orang tersebut. contohnya adalah tips dan trik, kumpulan software, tutorial, lagu mp3, dan sebagainya.

10. Pilihan theme yang tepat

theme juga sangat menentukan SEO anda, jika anda ingin blog anda di masuki oleh para search engine maka janganlah menggunakan theme yang sidebar di sebelah kiri. karena jika sidebar ada di sebelah kiri maka search engine akan mengindex apa yang ada di sidebar terlebih dahulu baru posting belakangan, hal tersebut sangatlah merugikan, bisa-bisa posting anda tidak akan terindex. oleh karena itu gunakanlah sidebar yang ada di sebelah kanan.

11. Tautkan posting anda ke posting yang lainnya.

Dengan menautkan dari satu posting ke posting lain akan banyak manfaatnya, diantaranya adalah:

a. posting tersebut mendapatkan link gratis

b. posting baru tersebut atau posting yang di tautkan akan lebih cepat terindex google

c. memberikan info kepada pengunjung bahwa posting tersebut ada

d. Biar pageview blog anda meningkat.

Saya hanya melakukan 12 hal di atas untuk menarik pengunjung ke blog ini, memang hasilnya belum terlalu banyak pengunjung ke blog ini. semoga tips dan trik di atas membantu anda semua, dan saya mohon maaf jika ada kesalahan atau bahasa yang kurang bisa di mengerti, karena saya juga lagi belajar.kalau ada tips dan trik yang lain mohon di share ya?hehe,,

selamat mencoba tips dan trik di atas

No comments:

Post a Comment