6/11/10

modifikasi motor

Banyak di antara kita yang suka modifikasi motor
(modif), namun banyak pula yang tidak. Rata-
rata yang mengaku suka malah menjadikan
hobi. Bahkan banyak pula yang akhirnya jadi
maniak modif. Sebaliknya, yang tidak senang
modif menganggap modif berbahaya dan
menimbulkan biaya lebih (boros).
Nyatanya, hampir-hampir semua motor sudah
mengalami modifikasi sedikit atau banyak.
Mungkin orang tidak menyadari telah melakukan
modif karena tampilan motor masih standar.
Padahal sejumlah item telah mengalami
perubahan. Ganti busi yang lebih kuat, ganti
stang yang lebih nyaman, ganti model lampu
yang lebih cakep dan terang adalah modif
sederhana.
Karena itu, yang penting dari modifikasi adalah
tujuan dan fungsinya. Tujuan modifikasi yang
baik adalah meningkatkan kinerja dan tampilan
motor sehingga lebih aman, nyaman, cepat, dan
gaya.
Lebih aman karena modifikasi yang baik akan
menggunakan alat yang biasanya after market
atau limbah copotan motor import yang
kualitasnya lebih baik. Lebih cepat karena dengan
modifikasi, baik kapasitas mesin bisa
dimaksimalkan, atau kemampuan pengendalian
(handling) lebih dioptimalkan. Nah, terutama ini:
lebih gaya. Dengan modif, tampilan standar ga
lagi culun. Perpaduan berbagai asesori maupun
piranti body, ajrutan, cat, dsb, bisa membuat
motor benar-benar menarik: lebih macho atau
manis, tergantung selera.
Tentu saja modif
butuh biaya. Tapi seperti slogan lama “there is
something money can’t buy”. Kepuasan adalah
segalanya….
So, kata kuncinya adalah modif ringan, sedang,
berat, dan ekstrem. Tinggal pilih sesuai selera
dan kantong.
Siapa yang tidak kepincut dengan motor modif
ala MV Agusta F4+Yamaha R1 di edisi ini? Jika
Anda tertarik modif, mulailah sekarang. Tapi
awas, sekali mencoba takkan berakhir sampai
motor dijual.
Silahkan mencoba!
Contoh modifikasi edisi ini:
Model: MV Agusta F4+Yamaha R1
Aliran: Sport
Motor: Tiger 2000
Sok depan: Up-side down eks Cagiva Mito
Swingarm: Honda CBR400
Disk depan: Yamaha TZR125
Pelek dpn: Yamaha TZR125, 2,75-17
Pelek blkg: Yamaha TZR125, 3,50-17
Ban: Battlax, 100/80-17, 130/70-17
Footstep: Kawasaki Ninja
Knalpot: Karbon
Properti: Abrar Fitra

No comments:

Post a Comment